logo gunadarma

logo gunadarma
Univ. Gunadarma

Selasa, 06 November 2012

BAGAIMANA MENSOSIALISASIKAN KOPERASI KEPADA MASYARAKAT


Koperasi pada dasarnya adalah suatu kerjasama antara dua orang atau lebih. Secara luas terdapan beberapa cara untuk mensosialisasikan koperasi kepada masyarakat, antara lain :

  •          Melalui lingkungan informal dalam keluarga
  •          Lingkungan non formal didalam masyarakat
  •         Dan lingkungan formal di dapam pendidikan dan sekolah.
Pada kali ini saya akan membahas bagaimana mensosialisasikan koperasi di lingkungan non formal didalam masyarakat. Agar mampu kita mensosialikan koperasi secara merata, kita harus mengetahui kelemahan-kelemahan koperasi.
Dalam menyosialisasikan koperasi dalam suatu negara maka dibutuhkan kinerja pada kepemerintahan, dalam hal ini pemerintah harus mampu mengedukasikan nilai-nilai koperasi sebenarnya karena masyarakat belum mengerti betul manfaat koperasi. Terutama pada pengawasaan yang lemah dan ketidakjujuran yang ada pada koperasi dengan demikian setiap anggota koperasi terutama anggota yang meminjam modal koperasi bebas menjalankan modal pinjaman itu sesuai dengan usaha yang akan dijalankan.
Koperasi merupakan organisasi dari, oleh, dan untuk masyarakat. Dengan demikian hal ini mencerminkan transparansi pengelolahan. Koperasi harus terbuka kepada masyarakat sehingga kejujuran sangatlah penting dalam mengembangkan koperasi terhadap masyarakat. Selain itu kerjasama yang baik antara pengurus, pengawasan, dan anggotanya ahus terjalin dengan baik agar tidak ada kejadian-kejadian yang merugikan masyarakat dalam penyampaian informasi  Banyak masyarakat yang kurang yakin akan kinerja pengurusan koperasi sehingga dibutuhkan sosialisasi agar masyarakat mau menggunakan layanan koperasi.
Media masa seperti televisi, radio, koran, dan majalah bisa menjadi ajang promosi bagi koperasi untuk memberikan layanan kepada masyarakat dengan mengutamakan kepentingan masyarakat sehingga masyarakat tahu seperti apa lembaga koperasi itu.
Dalam bidang permodalan, koperasi masih dianggap lemah sehingga koperasi sulit berkembang karena modal yang terbatas. Dengan penambahan modal koperasi, diharapakan koperasi mampu mensosialisasikan kepada masyarakat dengan maksimal.
Perubahan konsep pada koperasi Indonesia akan berdampak besar apalagi pada era globalisasi ini. Pada era modern ini koperasi harus mampu menyeimbangkan keadaan dunia dengan konsep yang berpegang pada koperasi. Merubah sedikit konsep koperasi tidak akan bermasalah asalakan masih berpegang pada prinsip-prinsip koperasi yang telah ada.
Koperasi sendiri diharapkan dapat sangat membantu  mensejahterakan anggota-anggotanya untuk dikehidupan sehari-hari, khususnya dipedesaan agar dapat memperbaiki perekonomian Indonesia juga tentunya. Memiliki masyarakat yang hidupnya sejahtera merupakan cita-cita terbesar yang dimiliki jika saya menjadi menteri koperasi. Karena saling tolong-menolong dan bahu-membahu dalam kehidupan merupakan hal yang sangat menyenangkan. Terlebih lagi jika sesama manusia sama-sama sudah menyadari betapa indahnya rasa kekeluargaan dan saling tolong menolong dikala susah antar manusia yang pada dasarnya merupakan makhluk sosial. Begitulah dasar bersikap dalam organisasi koperasi yang diharapkan dapat terwujud di masa mendatang.

Sumber :
mutiasiimumuth.blogspot.com/2011/01/kelemahan-koperasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar