logo gunadarma

logo gunadarma
Univ. Gunadarma

Rabu, 11 April 2012

tugas ke 3


ABSTRAK
Pasar gelap merupakan transaksi perdagangan ekonomi yang di lakukan secara ilegal dan melibatkan banyak pihak yang terkait dan tentu saja pasar gelap ini tanpa adanya peresmian dari pemerintah, pasar gelap banyak merugikan dan juga menguntungkan banyak pihak, pihak-pihak yang di untungkan tentu saja konsumen yang ingin mendapatkan suatu barang berkualitas internasional dengan harga yang sangat murah. Namun dari segi ekonomi sangat merugikan pemerintah Indonesia karena pajak yang di kenakan pemerintah juga berfungsi untuk pembangunan sistem  perdagangan Indonesia. Harga-harga yang di tawarkan oleh mafia “Black Market” sangat lah bervariasi di mulai dari harga termurah sampai harga termahal tergantung barang yang di tawarkan atau di jual.
Pelaku-pelaku pasar gelap saat ini sebenarnya juga banyak dari kalangan pemerintah Indonesia, karena saat masuk keluarnya barang ke Indonesia lah timbul keinginan-keinginan jahat da licik pejabat pemerintah untuk mengambil barang-barang tersebut dan menjual nya diluar harga akumulasi pajak yang di berikan pemerintah Indonesia. Karena harga barang sebelum pajak itu biasa nya sangat jauh lebih murah bahkan bisa naik 100%, jadi tidak dapat di pungkiri kemungkinan-kemungkinan bisnis “Pasar Gelap” ini banyak di lakukan orang-orang bahkan pelajar-pelajar di Indonesia.
Intinya perdagangan yang menghindarkan dengan sengaja adanya kewajiban pajak dan ternyata banyak warga negara yang harusnya membayar pajak, dengan berbagai cara menghindari pajak. Jadi “Pasar Gelap” yang dilaporkan pada negara hanya toko – tokonya saja, sedangkan gudang dan pusat administrasinya disembunyikan dari negara. Dan alhasil kekayaannya pun tidak semua dilaporkan kepada negara. Karena barangnya legal, jadi barangnya tidak tercium oleh negara. Walaupun sebenarnya sudah tercium tapi hanya ampasnya saja yang sampai ke negara.
Barang-barang berupa handphone yang sering kita beli di toko-toko atau distributor tidak resmi 100% barang Black Market (BM). Kita lihat saja dari garansinya, barang BM biasanya hanya bergaransi distributor tidak resmi atau ada juga yang garansi toko. Kalau mau mencari barang asli kita harus ke gerai-gerai resmi tempat penjualannya (Distributor Resmi).



Perpustakaan
http://woootaxta.blogspot.com/2011/12/meminimalisir-dampak-pasar-gelap-di.html
wikipedia
http://ekonomi.kompasiana.com/marketing/2011/11/08/black-market/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar